Di Balik Kesuksesan Anak Rantau Saat Mudik

Sebagai anak manusia yang telah dilahirkan dan dibesarkan  di salah satu kota kesayangan lalu pergi meninggalkan kota masa kecil untuk mengadu nasib di sana bahwasanya ada sebuah kerinduan yang selalu menghantui perasaannya. Mungkin sebagian orang merasakan apa yang dirasakan oleh anak rantau, tetapi di balik kepergian anak rantau memiliki sesuatu yang diimpikan dan berharap berhasil di kota yang dituju lalu pulang membawa kabar baik untuk orang rumah.

Di saat musim mudik tiba. Ada rasa kegembiraan yang dirasakan oleh anak rantau, karena selain ingin bertemu dengan keluarga bahwa perusahaan memberikan Tunjangan Hari Raya yang biasa dikenal sebagai THR untuk pelengkap suasana lebaran dan ada rasa ketidaksabaran bagi anak rantau untuk menceritakan apa saja yang terjadi saat menjalani kehidupan di kota orang. Namun di saat arus balik tiba, ada rasa untuk memperlambat waktu, karena kerinduan tidak dapat dituntaskan hanya dengan sesaat. Tetapi, tanggung jawab berkata lain bahwa kehidupan ini tetap berlanjut dan kembali menjalani aktivitas seperti biasanya.

Di balik kesuksesan anak rantau untuk pulang dan kembali lagi bahwa ada persiapan yang begitu matang sebelum melakukan perjalanan jauh. Namun aku seringkali menggunakan moda transportasi umum untuk melakukan perjalanan jauh, karena selain menikmati perjalanan yang menyenangkan, aku juga seringkali mendengar kabar bahagia dari pemudik lainnya yang sedang menghubungi seseorang yang nampaknya orang rumah di kampung, mendengar tangisan bayi meminta untuk disusui oleh ibunya ataupun melihat pemudik yang memberikan laporan arus mudik di media sosialnya. Karena hal itu dapat kutemukan saat hendak perjalanan jauh. Namun aku juga pernah menggunakan kendaraan pribadi sebagai transportasi mudikku karena ingin merasakan sensasi di jalan raya. Selain itu, dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat merasakan suasana persawahan di perdesaan, satu meja dengan pemudik lainnya sehingga saling bercerita, melihat barang bawaan pemudik yang melampaui batas bahkan ada pula anak kecil yang senang maupun sedih selama di perjalanan.

Apapun kendaraan yang kita gunakan saat mudik bahwa kita tidak boleh menyepelekan sesuatu meskipun hanya kecil, karena kita tidak pernah tahu selama perjalanan kita selama mudik. Oleh karena itu, aku sebagai anak rantau yang selalu bolak-balik ke kampung dan ke kota hanya untuk membahagiakan orang di kampung; khususnya orangtua. Simak persiapanku dan keluargaku saat hendak mudik. Cekidot!

1. Cek Kesehatan

Hasil gambar untuk cek kesehatan ilustrasi
Sumber: Kompas Lifestyle

Sebagian orang lupa bahwa kesehatan adalah nomor satu sebelum melakukan perjalanan jauh. Karena bagaimanapun juga kesehatan adalah faktor utama kesuksesan seorang pemudik. Jika kita sedang tidak sehat tetapi ingin sekali mudik lebih baik mengurungkan niat karena hal itu sangat membahayakan diri sendiri. Tetapi jika masih memaksakan diri, silakan beli obat-obatan yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Silakan kunjungi situs BPOM di sini.

2. Cek Kendaraan

Hasil gambar untuk cek kendaraan ilustrasi
Sumber: Sains Kompas

Teruntuk kalian menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, sebaiknya untuk memeriksa kendaraanmu sebelum perjalanan jauh. Karena sebagian pemudik lupa bahwa kendaraan yang menempuh terlalu jauh akan mudah panas bahkan tiba-tiba mogok sehingga mengganggu perjalananmu. Seharusnya kita merasakan kesenangan, namun berubah menjadi kepedihan. Mulai saat ini, kita perhatikan hal-hal yang sederhana agar mudik tetap aman dan nyaman.

3. Persiapkan Makanan

Hasil gambar untuk bekal makanan ilustrasi
Sumber: Tribunnews

Tidak semua pemudik yang bawa makanan dari rumah adalah tipe orang yang ngirit. Namun pemudik yang bawa makanan adalah tipe orang yang paham tentang perjalanan jauh, sehingga mereka memutuskan untuk membawa makanan untuk persiapan di jalan. Namun, jikalau kamu ingin membeli makanan ringan di jalan, maka perhatikan jenis makanannya terbuat dari apa dan apakah makanan tersebut cocok dengan perut kita selama perjalanan jauh? Jika kita ingin mengetahui nama makanan yang hendak kita beli, tidak ada salahnya memeriksa makanan tersebut di BPOM untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Silakan kunjungi situs BPOM di sini.

4. Bawa Barang Secukupnya

Hasil gambar untuk barang berlebihan
Sumber: AsapMobil

Aku pernah bertemu dengan salah satu pemudik yang membawa barang melebihi jumlah tangannya sehingga ia mengalami kesulitan dalam membawanya. Oleh karena itu, keselamatan diri kita harus diperhatikan karena membawa barang berlebihan akan berdampak negatif pada diri kita sendiri ataupun merugikan oranglain juga. Mudik bukan berlomba-lomba, “Siapa yang bawa barang yang banyak, dia yang menang. Namun menutaskan kerinduan ke kampung halaman.”. Jika kita harus membawa barang melebihi kemampuan diri sendiri, kita bisa mengirimkan barang tersebut lewat jasa ekspedisi. Lebih aman.

5. Minum Jamu

Hasil gambar untuk minum jamu ilustrasi
Sumber: Vemale

Kekhasiatan jamu tidak pernah bohong. Sebab, sudah bertahun-tahun jamu hadir untuk memberikan kebugaran pada tubuh ataupun khasiat lainnya ini masih dicari-cari oleh sebagian orang yang cinta dengan racikan tradisional ini. Namun seiring berjalannya waktu, peredaran jamu semakin meluas sehingga para pecinta jamu tetap setia. Minum jamu sebelum mudik pun diajurkan, karena dapat menambah kebugaran pada tubuh sehingga pemudik dapat konsentrasi saat berkendara maupun mengalami nyaman saat berada di transportasi umum.  Tetapi sebelum minum jamu, kita harus tahu “apakah jamu tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum” karena jikalau belum terdaftar maka dapat dikatakan jamu tersebut ilegal bahkan tidak aman untuk dikonsumsi. Silakan kunjungi situs BPOM di sini.

6. Simpan Uangmu dan Jaga Barang Berhargamu.

Hasil gambar untuk simpan uang ilustrasi
Sumber: Merdeka

Jika kamu diharuskan membawa uang banyak. Maka simpan uangmu di tempat yang paling aman, karena bagaimanapun juga kejahatan tidak mengenal tempat dan waktu bahkan saat kamu lengah saja, kejahatan itu sedang memperhatikanmu. Maka simpan uangmu di tempat aman, kamu bisa menyimpan uangmu di saku celana dalam yang telah dijahit dengan rapih dan menyisahkan beberapa uang di dompet jika sewaktu-waktu kamu ingin membeli sesuatu saat perjalanan jauh. Perhatikan barang-barang yang kamu bawa; jumlah barangnya, bentuk barangnya dan seterusnya, karena bisa jadi salah satu barang tersebut jadi target kejahatan.

7. Perhatikan Kosmetikmu

Hasil gambar untuk perhatikan kosmetik ilustrasi
Sumber: Tempo

Siapa yang tidak ingin dibilang cantik atau menjadi pusat perhatian orang banyak? Semua wanita pasti ingin menjadi sesuatu yang aku pertanyakan tadi. Namun, sebagian wanita lupa bahwa memakai kosmetik saat mudik juga harus diperhatikan karena dapat merusak wajah kita. Kita dapat menggunakan kosmetik menyesuaikan situasi; panas ataupun dingin. Karena dengan penyesuaian ini dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada wajah kita. Namun sebelum membawa kosmetik saat mudik, sebaiknya kita memeriksanya di BPOM. Silakan kunjungi situs BPOM di sini.

8. Kabarkan Orang Rumah

Hasil gambar untuk telephone ilustrasi
Sumber: infonawacita

Kedatanganmu selalu ditunggu-tunggu oleh orang rumah. Jangan lupa kita minta doa agar kita dilancarkan saat mudik, karena sebuah doa adalah jembatan atau penghubung kita untuk menuju ke tempat tujuan. Oleh karena itu, memberi kabar orang rumah adalah penting agar mereka tidak khawatir tentang kita di perjalanan.

9. Catat Nomor Penting

Hasil gambar untuk telephone ilustrasi
Sumber: Media Konsumen

Dan hal yang terakhir dalam melakukan perjalanan jauh. Jangan lupa catat nomor-nomor penting; kepolisian, jasamarga dan lain-lainnya, karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat kamu hendak mudik.

Itulah 9 hal yang menjadi kunci kesuksesan seorang pemudik saat ingin melakukan perjalanan jauh. Aku dan keluarga pun selalu menerapkan point-point yang telah diuraikan. Karena kelancaran kita saat mudik itu bukan karena kondisi, namun karena sudah sejauh mana kita mempersiapkan segala sesuatunya.

*Artikel ini dikhususkan untuk mengikuti BPOM Blog Competition yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk kalian yang tidak ingin ketinggalan informasi mengenai BPOM di bawah ini:

  1. Facebook BPOM
  2. Instagram BPOM
  3. Twitter BPOM
  4. Website BPOM

Ataupun kalian ingin mengetahui secara spesifik, apa sih itu BPOM? Kamu bisa kepoin di halaman resminya di sini dan jikalau kalian mengetahui maupun menemukan produk-produk ilegal atau tidak terdata di BPOM, kalian bisa menghubungi contact center BPOM (hallobpom – 1500503).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *