Generasi Milenial Dikejar Dunia Digital

Seiring bertambahnya pengetahuan manusia, maka semakin banyak sesuatu yang diciptakan; salah satunya adalah Teknologi. Teknologi merupakan salah satu hasil karya intelektual manusia untuk memberikan kemudahan dalam melakukan aktifitas sehari-hari atau membantu memecahkan permasalahan-permasalahan yang seringkali ditemukan dalam keseharian manusia. Dengan hal ini, dunia digegerkan oleh kehadiran generasi milenial yang peka terhadap teknologi yang baru saja diciptakan, salah satu fenomena yang menjadi perbincangan di kalangan generasi ini, adalah permainan game online berbasis mobile. Tidak hanya itu saja, generasi milenial pun aktif berselancar di dunia internet; berkomunikasi melalui media sosial, membaca berita ataupun aktifitas lainnya.

Statistik Pengguna Internet
Sumber: APJII

Menurut data yang dilansir pada halaman MenKominfo menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang, dari jumlah pengguna internet tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Selain itu, Indonesia adalah “raksasa teknologi digital Asia yang sedang tertidur”. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa adalah pasar yang besar. Pengguna smartphone Indonesia juga bertumbuh dengan pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Sedangkan menurut data yang dilansir pada halaman Indenpenden.id menyatakan bahwa pengguna media sosial di Indonesia terus tumbuh. Riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan 132,7 juta penduduk Indonesia aktif di dunia maya. Sekitar 97 persen di antaranya aktif di media sosial. Facebook masih menempati posisi tertinggi mencapai 71,6 juta atau 54 persen.

Sumber: APJII

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa masyarakat Indonesia lebih dominan dalam menggunakan Mobile (Gadget) dan Komputer dalam menggunakan Internet sebagai penunjang medianya. Dengan presentanse Mobile dan Komputer sebesar 50.7%, Mobile 47.6% dan Komputer 1.7% , hal ini menunjukkan bahwa Mobile bisa dikatakan sebagai media yang dominan dalam mengakses internet.

Dengan adanya sebuah data-data yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggra Jasa Internet Indonesia (APJII) bisa dirumuskan bahwa adanya sebuah gaya hidup digitalpengguna Internet dari tahun ke tahun melesat tajam sehingga masyarakat Indonesia menjadi konsumsi internet keenam di dunia. Dengan hal ini, dunia digital sudah menguasai kehidupan masyarakat, karena banyaknya manfaat atau kemudahan yang diberikan oleh teknologi.

Sumber: eMarketeer

Di era digital saat ini, adanya sebuah dorongan dari perkembangan teknologi maupun para pelaku bisnis untuk para generasi milenial untuk menjadi pelakon dalam memajukan Indonesia. Melalui perkembangan teknologi maupun dunia profesional kerja diharuskan setiap individu mampu menghadapi kompetisi global yang semakin ketat dengan mengembangkan kemampuan teknis dan akademisnya. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menjelaskan bahwa keberadaan generasi milenial atau biasa juga disebut generasi Y merupakan potensi besar dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai generasi mileneal dapat memberikan harapan terhadap perkembangan ekonomi digital, yang dilansir pada halaman Kominfo .

Memasuki era dunia digital, banyaknya keajaiban yang terjadi, karena adanya startup-startup yang hadir sebagai raksasa digital nasional dengan menawarkan produk maupun jasanya untuk mendapatkan pemasukan perusahaan. Selain itu, Indonesia merupakan pasar ekonomi terbesar di dunia saat ini, oleh karena itu setiap warga negara harus bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk menopang dan mengendalikan ekonomi digital dan selanjutnya dari aspek ekonomi, ada tantangan untuk memastikan adanya kontribusi teknologi informasi dan komunikasi dalam perekonomian nasional, yang dilansir pada halaman Kominfo.

Dengan hal ini menunjukkan bahwa generasi milenial merupakan generasi yang mempunyai potensi dalam memajukan Indonesia; dikarenakan adanya peluang-peluang bisnis di saat memanfaatkan kemajuan teknologi guna menunjang kehidupan di masa depan. Selain itu, generasi milenial yang memiliki peran penting dalam memajukan negara melalui teknologi; dengan inovatif, kreatifitas serta kepekaan yang mereka punya menjadi tolak ukur dalam membangun atau mendorong generasi milenial dalam menghadapi era perkembangan teknologi, terlebih lagi bahwa generasi ini selalu berada di puncak paling teratas dalam penggunaan gadget; menjalankan bisnisnya, berkomunikasi ataupun hal-hal lainnya. Adapun peran-peran generasi milenial dalam memajukan Indonesia, yaitu:

  1. Menciptakan konten-konten positif dengan bernuansa damai melalui menulis artikel melalui website ataupun hal-hal lainnya.
  2. Berkontribusi dalam era baru di dunia Industri atau bisa dikatakan menjalankan sebuah bisnis online perorangan maupun kelompok.
  3. Berkontribusi dalam era baru di dunia ekonomi kreatif atau bisa dikatakan membuka kesempatan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan atau membuka lowongan pekerjaan.
  4. Menciptakan peluang bisnis baru melalui teknologi.
  5. Menjadikan gadget sebagai mesin uang yang terus mengalir.

Dalam menunjang atau memfasilitasi kebutuhan generasi milenial dalam memajukan sebuah negara bahwa adanya peranan penting pada sebuah perusahaan, institusi ataupun lembaga lainnya sebagai pendorong generasi milenial terus berkarya untuk meningkatkan ekonomi negara, oleh karena itu bahwa ada salah satu perusahaan, CBN Digital Nation yang hadir untuk mendukung kekreatifitas dari para generasi milenal dalam menciptakan sebuah karya dengan memanfaatkan teknologi.

PT Cyberindo Aditama (CBN), perusahaan penyedia layanan komunikasi data dan solusi Teknologi Informasi (TI), bekerjasama dengan Transcosmos Inc, perusahaan penyedia jasa outsourcing Teknologi Informasi asal Jepang, yang dilansir pada halaman SindoNews. Sebuah kampanye yang dilakukan oleh pihak PT Cyberindo Aditama (CBN) menjadikan dirinya sebagai Digital Service Provider, yang sebelumnya Internet Service Provider untuk membantu dalam meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Pada dasarnya, untuk menunjang gaya hidup digital bahwa adanya sebuah dukungan dari koneksi internet sehingga pekerjaan cepat selesai atau tidak menunggu terlalu lama, karena kecepatan koneksinya terlalu lambat, oleh karena itu, CBN Digital Nation memberikan sebuah solusi atau pemecahan pada masalah yang dialami oleh para pengguna internet. CBN Digital Nation menggandeng rekan kerjasamanya, yaitu FiberStar dalam meningkatan sebuah kualitas dengan teknologi fiber optic Up to 1 Gbps sehingga koneksi cepat dan tak terkendali.

Menurut Dedy Handoko, Chief Broadband Officer CBN mengatakan, sebagai Digital Service Provider, pihaknya memiliki layanan CBN Fiber, hi-speed internet access up to 1Gbps; Dens TV, IPTV interaktif dengan konten channel TV premium, e-education, blockbuster video on demand, e-commerce, yang di akses melalui website, mobile application dan interactive box (smartbox), yang dilansir pada halaman Tribun News.

Keunggulan dari layanan CBN Digital Nation, sebagai berikut:

1. CBN Fiber merupakan sebuah jaringan internet yang memiliki kecepatan Up To 1Gbps, yang memiliki 300 kali lebih cepat dari rata-rata pengguna internet lainnya di Indonesia selama Tahun 2015, sehingga para pengunjung di acara launching di Bandung dapat merasakan sensasi dalam berselancar di Internet secara ngebut tanpa hambatan.

Related image

2. Dens TV merupakan sebuah layanan digital entertaiment IPTV interaktif yang menghadirkan konten high definition TV premium, e-education, blockbuster video on demand juga fitur e-commerce dan kamu juga bisa mendownloadnya di playstore Di sini. Selain itu, Dens TV hadir dengan fitur-fitur yang memanjakan penggunanya dengan sebuah kenyamanan dan personalisasi pengguna, seperti: sign up dan log in, menu my favorite channel dan my video playlist, reminder jadwal tayang film favorite, catch up dan menonton video secara offline. Berikut penjelasan mengenai keunggulan dari beberapa fitur yang dihadirkan, sebagai berikut:

a. High Definition TV premium merupakan sebuah TV channel terbaik dengan kualitas High Definition (HD) dari dalam dan luar negeri, mulai dari tayangan anak, movie documentary, sport, general entertainment, hingga music & lifestyle.

b. E-Classroom atau E-Education merupakan sebuh tayangan video e-learning yang dirancang dengan animasi yang menarik untuk menunjang ruang kelas yang menyenangkan pada anak atau proses belajar yang menyenangan. Dan saat ini, e-classroom memiliki video interaktif untuk murid Sekolah Dasar kelas 1 – 6,   dan bekerjasama dengan Skoline.

c. Blockbuster Video On Demand merupakan sebuah daftar film blockbuster dan serial TV yang memiliki 600 lebh judul film, dengan berbagai genre yang bisa langsung diakses tanpa harus menunggu jadwal tayang.

d. Sign up dan Log in merupakan sebuah fitur untuk menunjang kenyamanan pengguna dengan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Fitur Sign Up dan Log In dipergunakan untuk masuk ke dalam layanan CBN dengan menggunakan akun media sosial pribadi atau sendiri.

e. Menu my favorite dan Menu my video merupakan sebuah layanan dari CBN untuk pelanggan, yang di mana fitur ini dipergunakan untuk mengelompokkan video ke dalam menu favorite yang akan ditonton kembali di kemudian harinya.

f. Catch up merupakan salah satu layanan dari CBN yang berfungsi untuk memutar acara TV yang ketinggalan oleh pengguna; karena CBN akan memutar selama 7 hari.

g. Menonton offline merupakan salah satu layanan dari CBN yang memiliki fungi untuk menampilkan video yang pernah ditonton dan dapat diputar kembali secara offline atau tidak tersambung jaringan internet.

h. E-Commerce merupakan sebuah layanan yang menampilkan fitur e-commerce pilihan, jadi pengguna dapat menonton tv sambil belanja.

3. diCBN Apps merupakan virtual costumer service yang bisa diakses melalui sistem operasi Android dan iOS, untuk mempermudah pelanggan memperoleh informasi layanan dari CBN sehingga pelayanan yang diberikan tidak mengecewakan atau kepuasan pelanggan adalah prioritasnya. Selain itu, calon pelanggan CBN dapat mengakses diCBN Apps untuk mendapatkan informasi secara online untuk pendaftaran berlangganan, jangkauan area, CBN Wifi yang menunjukkan sebuah lokasi Hostpot CBN maupun promosi-promosi terbaru yang diselenggarakan oleh pihak CBN.

Dan teruntuk kamu yang tidak mau ketinggalan informasi-informasi mengenai CBN Digital Nation, penulis akan memberi akun media sosial CBN, diikuti yang gengs:

Dan jika di suatu hari nanti, kamu membutuhkan alamat lengkap dari CBN, ini dia alamatnya: Cyber 2 Tower 33rd Floor, Jl. HR Rasuna Said X5 No. 13 Jakarta Selatan, 12950 dan kamu bisa menghubunginya di bawah ini:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *