CBN Digital National: Mengembangkan Kehidupan Digital di Indonesia

CBN Digital National: mengembangkan kehidupan digital di Indonesia merupakan sebuah informasi dalam menerangi Indonesia melalui internet bersama CBN. Masyarakat Indonesia telah mencatatkan diri sebagai konsumsi pengguna internet terbanyak di dunia. Menurut data yang dilansir pada halaman MenKominfo menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang, dari jumlah pengguna internet tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Selain itu, Indonesia adalah “raksasa teknologi digital Asia yang sedang tertidur”. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa adalah pasar yang besar. Pengguna smartphone Indonesia juga bertumbuh dengan pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Sedangkan menurut data yang dilansir pada halaman Indenpenden.id menyatakan bahwa pengguna media sosial di Indonesia terus tumbuh. Riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan 132,7 juta penduduk Indonesia aktif di dunia maya. Sekitar 97 persen di antaranya aktif di media sosial. Facebook masih menempati posisi tertinggi mencapai 71,6 juta atau 54 persen.

Dengan adanya data-data di atas bahwa masyarakat Indonesia lebih senang berselancar di Internet. Internet merupakan sebuah media informasi dan komunikasi yang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna smartphone atau ponsel pintar. Penggunaan internet dari tahun ke tahun yang terus meningkat tajam dan adanya dukungan dari kecanggihan smartphone (gadget) yang terus dikembangkan, dan terkadang masyarakat yang menggunakan internet mengalami kendala di jaringannya atau mengakses sesuatu menjadi lama, oleh karena itu bahwa penulis akan memaparkan sebuah video mengenai permasalahan tersebut, sebgaai berikut:

Dalam memecahkan sebuah masalah di lingkungan masyarakat, bahwa CBN Digital Nation hadir untuk mendukung dunia literasi digital di Indonesia serta menyongsong dunia digital yang lebih baik di Indonesia.

Sumber: di_cbn

PT Cyberindo Aditama (CBN), perusahaan penyedia layanan komunikasi data dan solusi Teknologi Informasi (TI), bekerjasama dengan Transcosmos Inc, perusahaan penyedia jasa outsourcing Teknologi Informasi asal Jepang, yang dilansir pada halaman SindoNews. Sebuah kampanye yang dilakukan oleh pihak PT Cyberindo Aditama (CBN) menjadikan dirinya sebagai Digital Service Provider, yang sebelumnya Internet Service Provider untuk membantu dalam meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di Indonesia. Dalam peningkatan kualitas ini bahwa CBN Digital Nation mengajak rekan kerjasamanya, yaitu FiberStar dengan menargetkan penambahan 500.000 jaringan internet Fiber di Jawa Barat dengan teknologi fiber optic Up to 1 Gbps sehingga masyarakat sekitar akan merasakan Internet cepat tanpa adanya kendala karena jaringan internetnya lama.

Sumber: di_cbn

Perkembangan teknologi yang berkembang sangat pesat, maka adanya perubahan gaya hidup manusia; dikarenakan adanya transformasi dari awalnya manual dan kini secara otomatis atau menggunakan teknologi, salah satu transformasinya yaitu cara berkomunikasi massa untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak disangka-sangka, jikalau dunia menjadi gelap gulita tanpa internet; dipastikan bahwa manusia masa kini akan mati gaya atau di saat internet tiba-tiba lemot yang bikin perasaaan jengkel, dengan adanya kerjasama antara pihak CBN bersama FiberStar, maka impianmu terwujud untuk menerangi dunia melalui internet.

Sumber: CBN Digital Nation

Begitu realatif harga yang ditawarkan oleh pihak CBN untuk menyongsong kehidupan digital yang lebih baik di Indonesia. Dan untuk melakukan pembayaran di CBN , maka penulis akan memaparkan tutorialnya melalui video di bawah ini:

 

Selain itu, pada Tanggal 28 Oktober 2017 bahwa pihak  CBN hadir ke kota Bandung, Jawa Barat; dikarenakan Kota Bandung telah menerapkan sebagai kota pintar (Smart City) sehingga CBN mendukung penerapan tersebut dengan segera menambahkan jaringannya. Selain itu, sekitar 400 Aplikasi yang dimiliki oleh pemerintah Kota Bandung yang digunakan untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat.

Sumber: di_cbn

Menurut Dedy Handoko, Chief Broadband Officer CBN mengatakan, sebagai Digital Service Provider, pihaknya memiliki layanan CBN Fiber, hi-speed internet access up to 1Gbps; Dens TV, IPTV interaktif dengan konten channel TV premium, e-education, blockbuster video on demand, e-commerce, yang di akses melalui website, mobile application dan interactive box (smartbox), yang dilansir pada halaman Tribun News.

Keunggulan dari layanan CBN yang diperlihatkan saat launching di Bandung , sebagai berikut:

Sumber: Bandung.Bisnis

1. CBN Fiber merupakan sebuah jaringan internet yang memiliki kecepatan Up To 1Gbps, yang memiliki 300 kali lebih cepat dari lrata-rata pengguna internet lainnya di Indonesia selama Tahun 2015, sehingga para pengunjung di acara launching di Bandung dapat merasakan sensasi dalam berselancar di Internet secara ngebut tanpa hambatan.

Related image
Sumber: Google

2. Dens TV merupakan sebuah layanan digital entertaiment IPTV interaktif yang menghadirkan konten high definition TV premium, e-education, blockbuster video on demand juga fitur e-commerce dan kamu juga bisa mendownloadnya di playstore Di sini. Selain itu, Dens TV hadir Dens.TV hadir dengan fitur-fitur yang memanjakan penggunanya dengan sebuah kenyamanan dan personalisasi pengguna, seperti: sign up dan log in, menu my favorite channel dan my video playlist, reminder jadwal tayang film favorite, catch up dan menonton video secara offline. Berikut penjelasan mengenai keunggulan dari beberapa fitur yang dihadirkan, sebagai berikut:

a. High Definition TV premium merupakan sebuah TV channel terbaik dengan kualitas High Definition (HD) dari dalam dan luar negeri, mulai dari tayangan anak, movie documentary, sport, general entertainment, hingga music & lifestyle.

 b. E-Classroom atau E-Education merupakan sebuh tayangan video e-learning yang dirancang dengan animasi yang menarik untuk menunjang ruang kelas yang menyenangkan pada anak atau proses belajar yang menyenangan. Dan saat ini, e-classroom memiliki video interaktif untuk murid Sekolah Dasar kelas 1 – 6,   dan bekerjasama dengan Skoline.

c. Blockbuster Video On Demand merupakan sebuah daftar film blockbuster dan serial TV yang memiliki 600 lebh judul film, dengan berbagai genre yang bisa langsung diakses tanpa harus menunggu jadwal tayang.

d. Sign up dan Log in merupakan sebuah fitur untuk menunjang kenyamanan pengguna dengan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Fitur Sign Up dan Log In dipergunakan untuk masuk ke dalam layanan CBN dengan menggunakan akun media sosial pribadi atau sendiri.

e. Menu my favorite dan Menu my video merupakan sebuah layanan dari CBN untuk pelanggan, yang di mana fitur ini dipergunakan untuk mengelompokkan video ke dalam menu favorite yang akan ditonton kembali di kemudian harinya.

f. Catch up merupakan salah satu layanan dari CBN yang berfungsi untuk memutar acara TV yang ketinggalan oleh pengguna; karena CBN akan memutar selama 7 hari.

g. Menonton offline merupakan salah satu layanan dari CBN yang memiliki fungi untuk menampilkan video yang pernah ditonton dan dapat diputar kembali secara offline atau tidak tersambung jaringan internet.

h. E-Commerce merupakan sebuah layanan yang menampilkan fitur e-commerce pilihan, jadi pengguna dapat menonton tv sambil belanja.

3. diCBN Apps merupakan virtual costumer service yang bisa diakses melalui sistem operasi Android dan iOS, untuk mempermudah pelanggan memperoleh informasi layanan dari CBN sehingga pelayanan yang diberikan tidak mengecewakan atau kepuasan pelanggan adalah prioritasnya. Selain itu, calon pelanggan CBN dapat mengakses diCBN Apps untuk mendapatkan informasi secara online untuk pendaftaran berlangganan, jangkauan area, CBN Wifi yang menunjukkan sebuah lokasi Hostpot CBN maupun promosi-promosi terbaru yang diselenggarakan oleh pihak CBN.

Sumber: CBN Digital Nation

Pada acara yang berlangsung di Bandung atau acara yang diadakan 23 paskal shopping center Bandung yang dimeriahkan dengan parade  digital, seperti game competition; Dota 2 & CS: Go Gext, Sosial Media Competition,  Meet dan Greet eSport dan Cosplayer Idol NIX1A dan NXA Ladies, EVOS, NXL, Clarissa Punipun, Costreet dan ada doorprize dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Selain itu, di parade tersebut, diisi dengan exhibition dari CBN, MMP Media Solution, Lenovo, JD.ID, JBL, Galax, Digital Alliance-Palit, Colorful, Cooler Master, TT Esport, MSI, Logitech, LG, DX Racers, dan Seagate. Untuk memeriahkan parade tersebut, bahwa pihak CBN telah menyiapkan band lokal untuk menghibur pengunjung, yaitu KataKita Band serta adanya sebuah lelang produk. Teruntuk kamu yang ingin mendapatkan doorprize dari CBN, bahwa penulis akan memaparkan video tentang mekanisme dalam mengikuti doorprize, sebagai berikut:

 

Dengan sebuah ucapan terima kasih dari penulis untuk CBN bahwa kehadiran pihak CBN pun membantu masyarakat umum di Indonesia melek terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat, sehingga pihak CBN menghadirkan beberapa fitur unggulan untuk memberikan layanan terbaiknya serta mendorong masyarakat umum untuk siap dalam menghadapi era dunia digital yang sudah kita rasakan sebelumnya. Dan sebuah harapan besar dari penulis untuk CBN bahwa adanya penyebaran jaringan secara luas di seluruh penjuru Indonesia untuk menerangi Indonesia dengan jaringan internet yang super ngebut, agar semuanya merasakan sensasi saat berselancar di internet dengan kecapatan tinggi. Selain itu, penulis juga ingin memberi tahu bahwa penulisan artikel ini untuk lomba Blog #CBNDigitalNation, dan untuk kamu yang mau ikutan langsung menuju ke Peraturan Lomba Blog CBN Digital Nation.

Dan teruntuk kamu yang tidak mau ketinggalan informasi-informasi mengenai CBN Digital Nation, penulis akan memberi akun media sosial CBN, diikuti yang gengs:

Dan jika di suatu hari nanti, kamu membutuhkan alamat lengkap dari CBN, ini dia alamatnya: Cyber 2 Tower 33rd Floor, Jl. HR Rasuna Said X5 No. 13 Jakarta Selatan, 12950 dan kamu bisa menghubunginya di bawah ini:


*Artikel ini diperuntukkan dalam Lomba Blog bersama CBN Digital Nation

*Jumlah Kata: 1512

*Video berasal dari CBN Digital Nation (Melalui pencarian di Instagram dan Website)

*Pict Utama: CBN Digital Nation

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *