PEKA DENGAN KEHADIRAN IDE

Ada yang gagap memaknai sebuah ide, karena ia tidak begitu peka oleh kehadirannya. Ide itu sebuah gagasan yang dimiliki oleh setiap manusia dan harganya mahal; karena setiap satu ide akan membawa perubahan pada diri sendiri ataupun Ibu Pertiwi. Beberapa orang pernah mengatakan “Tidak mempunyai ide” sehingga tidak bisa menciptakan sesuatu. Padahal ide itu dekat pada diri kita sendiri, tetapi kita tidak menyadari setiap kehadirannya atau kita kurang bersosialisasi oleh dunia sendiri. Jika kita melihat Film “5 cm” mengenai sebuah persahabatan, maka ide itu sedekat film 5 cm; karena kebanyakan orang hanya melihat sebuah film tanpa ingin mengetahui latar belakang dari sebuah film yang ditonton. Film 5 cm mengenai sebuah persahabatan, maka sedekat 5 cm lah persahabatan mereka.

Jika ada seseorang yang berkata bahwa tidak mempunyai ide; katakan saja bohong. Misalnya: kamu sedang merasakan patah hati dan ingin menuangkan keresahan menjadi kata-kata, lalu kamu melihat teh manis di hadapanmu. Maka, gunakan teh manis sebagai objek kepenulisanmu. Contohnya: “Teh manis di hadapanku telah tersenggol oleh seseorang yang telah lama kukenal hingga tertumpah tanpa sisa.” Seperti itu lah sebuah gambaran dari patah hati; teh manis bagaikan kisah cintanya, seseorang bagaikan kekasihnya dan tertumpah bagaikan kisah yang bubar.

Ide juga bisa terjadi di tempat makan atau tempat di saat kita kunjungi. Perhatikan seseorang di sekitarmu; tingkah lakunya, percakapannya ataupun hal lainnya. Dari penggunaan lima indra: melihat (mata), merasakan (hati), mengecap (lidah), meraba (kulit), dan penciuman (hidung) akan lebih mendapatkan sesuatu yang bergairah atau mendapatkan gambaran seutuhnya sehingga bisa dijadikan data. Dan yang terpenting adalah dekatkan pada diri sendiri dan peka pada lingkungan sekitar, karena sumber ide ada di mana pun kita berada dan datangnya tanpa disangka. Gunakan hati dan rasakan apa yang dirasakan oleh diri sendiri dan sekitarmu.


Pict: Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *